DESKRIPSI RINGKAS

Dosen Pengampuh

1. Dr Ir. Wiryono, MSc

2. Dr Erniwati, S.Hut, MSC

Mata kuliah Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan  adalah mata kuliah  wajib bagi mahasiswa Jurusan kehutanan,  Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Mata kuliah ini diberikan sebagai pengetahuan dasar dalam pemanfaatan komoditas HHBK dan jasa lIngkungan. Mata kuliah ini akan membahas :

1. Konsep dan definisi serta ruang lingkup, peranan, permasalahan dan prospek, serta aspek pemanfaatan HHBK dan Jasa Lingkungan

2. Jenis, potensi & penyebaran, teknologi pengolahan dan pengaruhnya terhadap rendemen, mutu, penggunaan, dan pemasaran produk dari komoditas HHBK kelompok resin & getah, minyak atsiri, ekstraktif lainnya (tumbuhan obat, tanin & pewarna), minyak & lemak, rotan & bambu, karbohidrat, dan hasil hewan.

3. Manfaat  hutan yang menyediakan  jasa lingkungan seperti  dalam hal Carbon sequestration, perlindungan tanah, dan   ekowisata.

4.  HHBK dalam konteks global

  Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat menjelaskan jenis komoditas HHBK dan pemanfaatannya, teknologi pengolahan, peningkatan mutu dan nilai tambah, pemasaran, serta aspek bisnis produk HHBK dari kelompok resin & getah, minyak atsiri, ekstraktif lainnya (tumbuhan obat, tanin & pewarna), minyak & lemak, rotan & bambu, karbohidrat, hasil hewan dan jasa lingkungan.