Mata Kuliah ini meliputi  konsep dasar keperawatan gerontik meiputi proses penuan dn permasalahannya. Konse asuhan keperawatan gerontik dengan pendekatan bio-psiko-sosial-cultural dan spiritual sebagai respon individu dan keluarganya sehubungan dengan proses penuaan.

Lingkup asuhan keperawatan meliputi peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pemeliharaan kesehatan gerontik serta peran keluarga dan komunitas juga akan dibahas pada mata kuliahini. Cabang ilmu ini akan berguna dalam memberikan pelayanan keperawatan gerontik dan integrasi keprawatan gerontik pada bidang keperawatan lain.

Proses pembelajaran difokuskan pada proses pembelajaran Student Centered Learning (SCL), dengan pendekatan metode Small Group Discusion (SGD), tutorial, Cooperative Colaborative Learning dan ceramah di kelas dan pengalaman praktikum di lapangan. Penugasan individu dan kelompok seperti menyajikan materi dalam bentuk seminar dan membuat pelaporan tentang praktikum di lapangan/keluarga gerontik binaan akan melengkapi pengalaman mahasiswa dalam mencapai kompetensi mahasiswa.