Matakuliah psikolinguistik ini terdiri dari 16 pertemuan dengan 1x pertemuan untuk UTS dan 1x pertemuan untuk UAS. Psikolinguistik merupakan kumpulan materi tentang konsep dasar psikolinguistik (sejarah psikolinguistik, ciri-ciri perbedaan bahasa manusia dan binatang). Selanjutnya, materi ini merupakan kajian perilaku/kegiatan berbahasa yang dapat dipahami sebagai suatu bentuk kajian berbahasa, dan secara fungsional dikaitkan dengan ilmu psikologi, biologi dan pengajaran Bahasa. Dengan demikian sistem komunikasi binatang, manusia dan binatang dan manusia menjadi bahasan dengan pertimbangan bahwa psikolinguistik merupakan ilmu yang akan mengantarkan suatu pemahaman, bahwa bahasa sebagai alat komunikasi manusia dapat dipahami ketika kita memahami ilmu psikolinguistik.

                Oleh karena itu bagaimana bahasa diproduksi,dan menghubungkannya dengan pengajaran Bahasa (kurikulum), kerja otak yang sangat rumit ketika seseorang berbahasa, pendidikan bahasa berbasis otak, perubahan berbahasa yang selaras dengan otak, kecerdasan ganda dan hubungannya dengan pembelajaran. Materi tersebut dilengkapi dengan kajian Bahasa dan pikiran, pemerolehan Bahasa, Bahasa anak di sekolah  berdasarkan proses psikologi yang terjadi dalam pikiran siswa. Disamping hal tersebut, materi kemampuan membaca (reseptif dan produktif) dibahas untuk kepentingan membaca permulaan. Hal ini berkaitan dengan pemerolehan dan produksi Bahasa awal masa kanak-kanak (sekolah).