• Psikologi dan pekerjaan sosial adalah dua disiplin ilmu yang berbeda.
  • Psikologi sebagian besar pendekatannya bersifat akademis, sedangkan pekerjaan sosial sebagian besar diterapkan dalam orientasinya. Namun terlepas dari perbedaan seperti itu, mereka sangat terkait satu sama lain dan seringkali menjadi mustahil untuk memikirkan keberadaan dan praktik mereka yang berbeda dalam banyak hal.
  • Psikologi dimulai jauh lebih awal dari pada pekerjaan sosial dan memberikan banyak konsep dan teori dasar untuk mengembangkan alat dan teknik untuk pekerjaan sosial.
  • Kedua disiplin ilmu ini berhubungan dengan komponen kepribadian manusia, sifat dan kebutuhan manusia, kemampuan, perilaku dan masalah manusia. Keduanya memiliki cara masing-masing dalam menangani masalah manusia, baik fisik, mental atau sosial, tetapi dalam banyak hal mereka kurang lebih serupa. Metodologi membantu orang di kedua disiplin ilmu melibatkan alat dan teknik yang serupa sampai tingkat tertentu. Oleh karena itu, wajar untuk mengetahui tentang hubungan interdisipliner dari kedua disiplin yang berorientasi pada profesi ini.