Mata Kuliah pengembangan issue dan kecenderungan dalam TP memiliki kopentensi dalam mengembangkan pemahaman dan wawasannya tentang teknologi pendidikan yang luas,mengkaji problematik teknologi Pendidikan pendidikan dengan mencari pemecahan masalahnya, mengkaji kajian problematik teoretis dan praktik lapangan (di sekolah), mengkaji kebijakan dan pengembangan serta arah kecenderungan dalam tinjauan masa depan, dan mengajukan topik (kasus) masalah dan berlatih membahasnya serta meninjau kemungkinan pemecahannya. Pada mata kuliah ini proses pembelajaran dilakukan dengan blended learning dengan menggunakan metode pemecahan kasus (case method) dan metode pembelajaran kelompok berbasis proyek (team-based project atau project based learning). Kemudian, blended learning dilaksanakan luring di kelas dan secara daring menggunakan Zoom Cloud Meeting. Penilaian Mata Kuliah issue dan kecenderungan dalam TP bersumber dan  penyelesaian kasus, penyelesaian proyek, keaktifan di kelas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester yang mencerminkan CPL sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang dibebankan pada mata kuliah.