Perkembangan dunia dewasa ini berfokus pada pengembangan teknologi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi manusia serta menggantikan berbagai pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia dengan mesin-mesin, dari yang berukuran kecil untuk skala rumah tangga hingga yang berukuran raksasa. Mesin-mesin ini didominasi oleh mesin yang menggunakan energi listrik. Energi listrik menjadi sumber energi utama disebabkan kemudahan dalam pembangkitan, penyaluran, dan konversi ke dalam bentuk energi lain yang dibutuhkan manusia.

Pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mesin-mesin elektrik yang mencakup motor listrik, generator, dan transfomator diperlukan dalam merencanakan dan mendesain teknologi yang dibutuhkan dalam pembangkitan energi listrik dan konversi energi listrik menjadi energi mekanik.

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip medan elektromagnetik dalam penggunaannya pada generator, motor, dan transformator. Mahasiswa akan mempelajari tentang dasar prinsip mesin elektrik, transformator, mesin sinkron, mesin induksi, mesin dc, dan motor induksi satu fasa.